Cara Kerja Dari Rangkaian Panel Otomatis Genset

Ternyata sekarang ini banyak sekali orang yang penasaran tentang bagaimana cara kerja dari suatu rangkaian panel otomatis genset terbaik. Hal tersebut terbilang wajar mengingat semakin banyaknya panel otomatis tersebut digunakan belakangan ini. Terutama oleh pengguna genset skala besar yang jelas membutuhkan bantuan panel tersebut guna mengefisienkan dan mengefektifkan kinerja dari genset yang dimiliki. Untuk menjawab rasa penasaran itu, berikut ini sedikit penjelasan singkat mengenai cara kerja rangkaian panel tersebut.

 

Ketika Listrik dari sumber listrik dari pemasok listrik utama tidak padam maka ada suatu komponen yang disebut contactor K1 akan mendapat suplai tegangan dari sumber listrik utama tadi. Coil yang ada pada contactor K1 tentu dialiri listrik sehingga inti besi yang ada di dalam coil itu menjadi medan magnet yang membuat contact K1 Normally Open alias (NO) Kondisi NO sendiri artinya menjadi tertutup sedangkan sebaliknya apabila contact K1 Normally Close alias NC maka artinya menjadi terbuka.

Ketika daya listrik dari sumber listrik utama dalam keadaan OFF alias padam, maka contactor K1 tentu tidak mendapatkan suplai tegangan listrik, sehingga contact bekerja dalam keadaan normal. Contact NC dari contactor K1 yang ada pada ACCU Genset bakal memberikan suplai tegangan guna menghidupkan melakukan starter genset selama sekian detik tergantung setting timer on delay. Sesaat setelah genset menyala dan memberikan suplai daya ke Timer On Delay yang sudah diatur waktunya barulah genset akan beroperasi.

Setelah itu timer yang disebut dengan timer T2 dalam panel otomatis genset terbaik bakal bekerja guna menghidupkan contactor K2. Pemakaian timer T2 sendiri adalah agar penyambungan genset menuju beban dapat tertunda sampai mesin panas alias siap dioperasikan. Setelah Contactor K2 tersebut bekerja, maka secara otomatis contactor K2 akan memberikan suplai daya dari genset menuju ke beban. Dengan demikian maka sumber beban menjadi berasal dari Genset.

Itulah penjelasan singkat mengenai mekanisme atau prinsip kerja panel otomatis genset. Semoga dengan informasi di atas, semakin banyak pengguna genset yang sadar akan pentingnya panel tersebut untuk turut dipasang,

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *